Apa itu program SME Partnership?

Watch Intro Video

SME (Subject Matter Expert)

Istilah bagi seorang pengajar yang sudah dikenal luas sebagai ahli di bidangnya, cocok untuk personal yang :

  • Praktisi dengan rekam jejak yang terpercaya

  • Profesional dengan reputasi memuaskan di bidangnya

  • Seorang yang antusias dalam mengajar & menginspirasi


Apa yang dilakukan seorang SME?

  • icon_alternative

    Mulai Kerja Sama

  • icon_alternative

    Pembuatan Materi

  • icon_alternative

    Rekaman Konten

  • icon_alternative

    Peninjauan & Finalisasi

Manfaat menjadi
SME

  • Impact

    Berbagi wawasan bagi banyak orang dalam jangkauan yang lebih luas, sehingga memberi dampak bagi individu dan usaha, bahkan berkontribusi bagi pendidikan di Indonesia.

  • Exposure

    Turut ambil bagian dalam publikasi sosial yang dilakukan oleh Mekari dan Mekari University melalui berbagai situs media sosial dan pemasaran yang dikembangkan secara intensif.

  • Appreciation

    Suatu ukiran kebanggaan dalam plakat dan sertifikat apresiasi sebagai wujud penghargaan kami atas kontribusi yang sudah diberikan dengan berbagi wawasan berkualitas.

  • Reward

    Sejumlah penghargaan dalam bentuk insentif berupa tunjangan untuk menunjang kelancaran pembuatan kursus serta honorarium sebagai imbalan atas jasa yang sudah dikontribusikan.

Tahapan menjadi SME

  • Isi Form Registrasi

    Daftar sekarang
  • Pertemuan Online

  • Seleksi dan Pengumuman

  • Tanda Tangan MOU

Mengapa menjadi SME?

  • Membantu ribuan individu dan usaha

  • Meningkatkan potensi diri

  • Memperoleh penghasilan tambahan

Apa kata mereka?

“Menjadi Subject Matter Expert (SME) di Mekari University merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa buat saya, karena sangat berbeda dengan pengalaman sebelumnya. Mulai dari pembuatan konsep, menyusun kurikulum, tapping video online sampai kepada tahap-tahap akhir penyelesaian, saya merasakan kerjasama teman-teman kru Mekari yang sangat baik dan professional. Semoga perencanaan keuangan yang baik dapat membantu kita mencapai tujuan finansial dengan mudah. Sehingga kita selalu dapat melakukan evaluasi dan menerapkan strategi yang sesuai dengan kondisi keuangan kita.”

Erlina Juwita, MM, CFP®️, QWP®️ Founder of Cerdas Keuangan & Senior Consultant at OneShildt

“Pengalaman saya menjadi SME di Mekari University sangat baik. Para staf yang bertugas sangat professional. Semua informasi yang disampaikan detail dan jelas. Mulai dari persiapan pembuatan materi sampai kepada proses perekaman video berlangsung sangat lancar dan tidak menyita waktu yg terlalu banyak jika mengikuti panduan yang diberikan. Sebuah pengalaman yang menyenangkan bisa berbagi pengetahuan dan disaat yang bersamaan juga meningkatkan brand awareness dari organisasi yang kita wakili.”

Hendry Tjiu Co-Founder & Senior Consultant at Noble Consulting

“Berpartisipasi sebagai SME di Mekari University, merupakan sebuah pengalaman yang berharga bagi kami untuk bisa saling berbagi ilmu dan pengetahuan kepada teman-teman yang lain. Hal ini juga sejalan dengan fungsi kami selaku konsultan pajak yang merupakan mitra Pemerintah dalam membantu pemerintah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada wajib pajak dan masyarakat. Semoga kedepannya Mekari University semakin maju dan berkembang sebagai media platform digital yang dapat membantu masyarakat luas untuk mendapatkan banyak pengetahuan untuk kemajuan bangsa.”

Ridwan Sinarto Tax Partner at PT Prodigi Konsultan

“Sebuah pengalaman berharga dan bermakna bisa berbagi ilmu dan pengalaman praktis secara virtual di Mekari University. Era digitalisasi yang semakin meluas ditambah kondisi Pandemi Covid-19 saat ini membuat kita harus adaptif dan inovatif dalam berbagi ilmu dan mencari ilmu dimanapun dan kapanpun. Terima kasih atas inisiasi dari Mekari University yang sudah menyediakan platform digital keren sebagai wadah menarik para praktisi yang ingin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri. Semoga kedepannya semakin banyak konten bermanfaat yang bisa dihadirkan dan semakin banyak menebar manfaat serta ilmu yang diberikan.”

Ferly Ferdyant Head of Accounting & Tax at Transjakarta

Pertanyaan lebih lanjut?

Baca pertanyaan dan jawaban lengkap seputar
program SME partnership

Ya, ada kriteria untuk menjadi SME, antara lain:
1. Memiliki pengalaman (praktisi) di bidang ilmu yang kami kembangkan
2. Memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik dan benar
3. Disiplin, berkomitmen dan taat pada aturan
4. Memiliki keinginan besar untuk membagikan pengetahuan

Berikut ini adalah perkiraan perhitungan durasi kursus:

Mini Course:
- Minimal durasi video kursus 40 menit
- Durasi shooting 1-2 hari
- Durasi produksi total 1 bulan.

Big Course:
- Minimal durasi video kursus 115 menit
- Durasi shooting 3-5 hari
- Durasi produksi total 1,5 - 2 bulan.

Untuk memulai membuat silabus/kurikulum, SME bisa memulai dari topik umum yang kami disediakan. Setelah itu, jabarkan topik pembelajaran menjadi beberapa poin spesifik secara sistematis hingga membentuk silabus.

Perlu diperhatikan bahwa salah satu nilai utama dalam setiap kursus di Mekari University adalah "Directly Applicable". Jadi Anda perlu memastikan bahwa setiap kursus harus mencakup infomasi dan tata cara praktek secara nyata di dunia kerja atau usaha melalui simulasi, perhitungan, role play, walkthrough, hands-on, dan sebagainya.

Setelah bergabung dalam program ini, Anda akan memperoleh template dokumen untuk perencanaan awal seperti pembuatan profil dan silabus kursus.

Selama proses produksi, SME akan didampingi oleh Course Developer dan Multimedia Designer. Tim kami akan membantu untuk proses shooting, editing, pemetaan aset multimedia dan publikasi kursus.

Ya tentu saja, Anda dapat menjadi SME untuk beberapa kursus sesuai dengan topik yang tersedia dan berdasarkan hasil diskusi dengan Course Developer Mekari University.